30.6.08

TONGKAT SAKTI VERSI BANK BNI

Oleh: Eko Endarto


Dikutip dari Tabloid Bisnis Uang


Kenal Harry Potter? Ya penyihir kecil modern yang film laris sekuel ke 4 – nya sedang diputar diseantero Jakarta. Penyihir kecil dari Hogwarts ini dalam aktivitas sihirnya selalu membawa alat bantu untuk menyihir yaitu tongkat sihir ajaib dan dibantu dengan manteranya.


Nah saat ini kita akan membicarakan tentang satu lagi alat ajaib modern yang lebih real banyak kita temui di masyarakat yaitu kartu plastik. Ya, dengan kartu ini Anda dapat melakukan apa saja, mendapatkan barang, mengambil uang, mengirim uang dan sebagainya. Nah gimana cukup sakti kan?  


Untuk edisi perdana pembahasan bedah produk kali ini saya akan membicarakan lebih dalam tentang kekuatan maupun kelemahan dari salah satu produk kartu sakti unggulan Bank BNI yaitu BNI Card ,Kartu Debit terbitan Bank BNI yang bekerja sama dengan MasterCard International.


Bagaimana Mendapatkannya


Untuk kartu yang berbasis tabungan, kartu ini akan dapat diperoleh bila kita melakukan pembukaan rekening Tabungan Plus (Taplus) atau Giro perorangan. Dengan setoran awal yang “wajar” yaitu sebesar Rp500 Ribu untuk tabungan dan Rp1 juta untuk Giro, Anda sudah dapat memegang kartu ini dengan benefit yang saya rasa sangat cukup menggambarkan kesaktian kartu debit ini. Kartu ini terbit dengan 2 jenis spesifikasi yaitu tanpa nama, yang bila Anda membuka rekening maka otomatis kartu BNI Card langsung Anda terima, dan yang lain dilengkapi dengan nama, dimana Anda harus menunggu sekitar 1 minggu sebelum nama Anda tercetak di kartu.


Daya Tarik


Keluasan akses ATM dan keleluasaan dalam transaksi menjadi daya tarik utama yang menjadikan kartu ini menjadi kartu yang memiliki point lebih dibandingkan dengan kartu sejenis lainnya. Dengan kekuatan lebih dari 12 ribu jaringan ATM di seluruh Indonesia baik dibawah bendera ATM BNI, Link maupun ATM bersama dan ribuan lainnya yang tersebar di Luar negeri dibawah bendera Cirrus, kesaktian kartu ini ditambah dengan kemampuannya untuk dapat menjadi alat bayar di berbagai merchant berlogo Mastercard di dalam dan di luar negeri.


Kesaktian lain yang ditawarkan kartu ini dibandingkan kartu sejenis lainnya adalah memiliki kemampuan untuk melakukan otorisasi tanda tangan di seluruh merchant di luar negeri sehingga Anda tidak perlu takut dan tidak akan dipermalukan karena kartu Anda ditolak. Tapi disini juga Anda harus hati-hati, kemampuan ini memungkinkan kartu Anda dapat digunakan orang lain bila orang tersebut dapat meniru tanda tangan Anda. Sebagai alat bayar digital, ada kelemahan yang cukup mencolok dari kartu ini yaitu kartu ini masih belum dapat digunakan untuk melakukan transaksi melalui internet. Ya jika dibandingkan dengan kartu kredit yang memungkinkan seseorang dapat lebih leluasa bertransaksi, kartu ini memang belum mampu.


Kenyamanan juga akan Anda dapatkan dengan memegang kartu sakti ini. Fasilitas untuk melakukan pembayaran tagihan rutin bulanan Anda mulai dari Telkom, air, ponsel, Kartu Kredit baik dari BNI maupun dari institusi lainnya, dan juga pinjaman baik itu pinjaman dari BNI maupun bank lain. Selain itu Anda juga dimanjakan dengan fasilitas belanja on-line yang ditawarkan mulai dari pembelian pulsa telepon selular Anda sampai pembelian tiket Garuda Indonesia. Itu semua akan Anda dapatkan hanya dengan mengakses kartu Anda melalui ribuan ATM BNI terdekat. Untuk berbelanja, Anda hanya perlu menggesek kartu tersebut dan cling!! barang jadi milik Anda. Tentu bila Anda memiliki saldo dan berbelanja di merchand berlogo Mastercard. Bagusnya lagi tanpa biaya (meskipun dibeberapa merchant charge ini masih dikenakan).


Bagi Anda yang memiliki kartu ini dengan membuka rekening giro, ada kelebihan lain yang ditawarkan oleh BNI yang mungkin tidak disadari oleh Anda. Kemampuan untuk melakukan transfer antar rekening menjadikan aktifitas transaksi menjadi lebih aman dan efisien. Bandingkan bila Anda harus membuka Bilyet Giro/BG atau Cek untuk transaksi pembayaran yang hanya sebesar 150 ribu rupiah, tentunya biaya pembelian buku cek atau BG akan lebih mahal dibandingkan dengan transaksinya ya nggak ? Ada lagi nih, kalau butuh uang tunai Anda tidak perlu harus antri untuk mencairkan cek Anda, bahkan Anda tidak perlu menunggu hari dan jam kerja karena giro Anda dapat diambil melalui media ATM kapan saja dan dimana saja. Nah kurang leluasa dan nyaman seperti apa coba ?


Kartu ini diterbitkan dalam dua jenis kartu yaitu Silver dan Gold. Tentu saja dengan perbedaan fasilitas diantara keduanya. Perbedaan fasilitas yang diberikan adalah dari segi jumlah penarikan tunai maupun transfer antar rekening. Nah disini mungkin kelemahan yang dapat dilihat. Dengan jumlah setoran dan dengan saldo mengendap yang relatif lebih tinggi (kalau buka Gold kita harus membuka Taplus Prima dan Giro BNI Prima), Anda akan mendapatkan fasilitas yang hampir tidak berbeda dengan bila Anda membuka Taplus dan Giro biasa dengan BNI Card silver. Ya tentu saja selain penarikan tunai dan transfer antar rekening tabungan tadi.


Kesimpulan


Sejak Awal kartu ini diposisikan untuk menggaet mereka yang aktif dalam melakukan transaksi non tunai tetapi tidak ingin dipusingkan dengan bunga dan tagihan yang terus membengkak. Dengan fitur-fitur yang mendekati fasilitas dari kartu kredit dan kemampuan untuk dapat melakukan penambahan limit untuk kartu debit prabayar, maka lengkap sudah kesaktian kartu debit ini menggantikan posisi kartu kredit. Belum lagi dengan tidak adanya batasan usia bagi penggunanya, tentunya hal ini yang menjadikan kartu debit memiliki pasar lebih luas dan berbeda dengan kartu kredit.


Tapi di atas semua itu, disiplin dan pengaturan keuangan secara benar adalah kunci Anda yang utama dalam melakukan semua transaksi. Karena pada dasarnya sama seperti tongkat sakti Harry Potter, kartu sakti ini juga merupakan alat yang bila tidak dipergunakan dengan baik akan menghancurkan.


Salam, Eko Endarto Perencana Keuangan


Tidak ada komentar:

Referensi Modal Bisnis